cara memperbaiki scanner printer canon mp287

Printer canon MP287 adalah printer all in one yang merupkan printer yang dapat di gunakan untuk fotocopy, tetapi printer ini terdapat beberapa kasus yang sering kita tangani, salah satunya adalah kasus dengan eror code P22, Eror P22 merupakan sebuah pesan dari aplikasi dimana printer terjadi masalah pada piranti scanner,atau yang berhubungan dengan scanner. Kasus ini sangat sering terjadi, dan ada beberapa trik cara menangani kasus ini,.

1. Pastikan Scanner Normal 
Untuk menangani kasus eror P22 yang pertama di kerjakan adalah scannernya. Caranya adalah dengan mengganti scanner yang baru, jika anda tidak memiliki pengganti cba perbaiki dahulu scanner yang ada, caranya dengan memotong kabel fleksible dan di kerik kembali dengan menggunakan cutter, karena kasus ini juga sering terjadi kerusakan pada kabel fleksibel scanner

head scanner printer mp287

Bagaimana cara mengetahui sebuah kabel scanner itu rusak padahal kabel ada dua?
cara menandai sangan mudah, Untuk kabel dengan pin 12 itu untuk kabel datanya, jika rumah catridge masih terjadi pergerakan, terus kemudian diikuti dengan eror P22 maka bisa di pastikan kabel pin 12 bermasalah ataupun bagian input di pin 12. Jika ketika di hidupkan kemudian langsung keluar eror P22 tanpa ada pergerakan catridge, bisa di pastikan kabel fleksible dengan pin 6 rusak.
Untuk memastikan kabel sudah normal anda dapat test dengan multimeter. Bongkar head scanner dan cek dengan multimeter.


cek kabel fleksible nya


2. Cek Motherboard
Matherboard merupakan pangkal semua masalah, apabila sebuah kasus dengan eror code P22 sudah di ganti dengan scanner yang baru yang sudah di pastikan normal scannernya, maka kerusakan ada di motherboard, kerusakn ini biasanya di konektor pin 12,

cek konektor pada motherboard

tetapi juga ada kemungkinan pada pin 6, yang sering terjadi biasanya ada pin 12. Ganti konektornya dengan menggunakan blower dan flux, pastikan konektor tidak meleleh untuk pemasangannya.

Selamat mencoba,.

silahkan share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk yang membutuhkannya.
semoga bermanfaat,...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI PRINTER EPSON L220. TINTA TIDAK KELUAR

Cara Mengatasi Printer Epson l110 Lampu indikator berkedip-kedip.